26 Oktober 2018 11:19 wib

Program studi (Prodi) Sosiologi Agama Fakultas Ilmu Sosial (FIS) UIN Sumut mengadakan kuliah luar kelas dengan mengambil tema “ Outdoor Education Soscial Aspect of Drugs Abuse di pusat rehabilitasi korban penyalahgunaan Narkoba Sibolangit Center, Sabtu (6/10). Adapun yang menjadi narasumber utama  Dr. Zulkarnain Nasution, MA selaku Direktur Rehabilitation for drugs addict,

Dalam kegiatan kuliah luar kelas tersebut, Dr Zulkarnain Nasution, MA mengatakan bahwa Sibolangit Centre merupakan pusat rehabilitasi atau panti bagi korban-korban penyalahgunaan Narkoba yang nantinya para korban Narkoba tersebut direhab dan diterapi dengan metode-metode tertentu untuk mengurangi ketergantungannya dengan Narkoba sampai tidak lagi menggunakannya secara utuh.

“ Narkoba itu bukan semata-mata persoalan barang haram yang kemudian diobati secara klinis, namun juga ada aspek Sosiologis yang mempegaruhinya dan berdampak juga bagi masyarakat, “ ujar Dr. Zulkarnain Nasution, MA.

Oleh sebab itu, perlu ada strategi bersama menggandeng perguruan tinggi kemudian menghasilkan tenaga-tenaga ahli untuk bisa memberikan pendidikan, penyuluhan bahkan konsultan dalam penanganan korban penyalahgunaan Narkoba.

Sementara itu, Ketua Prodi Sosiologi Agama, Dr. Irwansyah, M.Ag, mengatakan kuliah luar kelas ini merupakan bagian dari kerja sama antara FIS UIN Sumut Prodi Sosiologi Agama dengan Sibolangit Centre. Kemudian nantinya mahasiswa akan mengadakan penyuluhan dan pengabdian kepada korban penyalahgunaan Narkoba. Kegiatan luar kelas ini diikuti oleh puluhan mahasiswa Sosiologi Agama dan dosen. RM