19 Oktober 2018 10:38 wib

Dalam memperingati ulang tahun organisasi muda mudi Yayasan Budha Tzu Chi yang dinamai Tzu Ching yang ke 8. Mahasiswa program studi Sosiologi Agama FIS UIN Sumut diundang dan ikut berpartisipasi dalam kegiatan bersama menanam 3000 pohon Bakau di Desa Bagan Percut, Minggu (7/10).

Kegiatan ini mengambil tema ‘Satu Bibit Sejuta Harapan’ yang melibatkan ratusan muda-mudi, termasuk dari mahasiswa dari berbagai kampus di Kota Medan. Kegiatan menanam 3000 pohon Bakau ini bertujuan untuk menjaga dan melestarikan bumi karena ancaman banjir dan merusak ekosistem di wilayah pesisir Deli Serdang. Acara ini juga dihadiri oleh Kepala Dinas Kehutanan Sumatera Utara , Kelompok-kelompok peduli lingkungan dan juga masyarakat setempat.

Wakil Ketua Tzu Ching, Handoko mengatakan bahwa animo anak-anak muda untuk menanam pohon bakau sangat besar, walaupun kondisi pagi dalam menanan pohon Bakau dilanda grimis. Kemudian untuk menanam juga peserta harus masuk ke dalam lumpur dan melewati aliran laut dengan menggunakan perahu nelayan setempat.

“ Saya ucapkan terima kasih kepada teman-teman termasuk dari UIN Sumut Sosioolgi Agama yang sudah terlibat, kedepan ada kami infokan kegaiatan yang bisa kita laksanakan sama-sama,” ujar Handoko.

Sementara itu, Dosen Sosiologi Agama, Rholand Muary mengatakan kegiatan ini merupakan bentuk partisipasi dan kepedulian masyarakat tentang isu sosial lingkungan khususnya di wilayah pesisir Deli Serdang. Maka kedepannya kegiatan-kegiatan mahasiswa Sosiologi akan dibangun kerja sama yang lain dengan Yayasan Budha Tzu Chi Sumatera Utara. RM