08 November 2018 19:48 wib

Medan. Sebanyak empat mahasiswa Sosiologi Agama semester III FIS UIN Sumut mengikuti seminar Nasional dengan tema “Mitigasi Bencana Alam dalam Perspektif Sosiologi Kebencanaan” yang diselenggarakan oleh program studi Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Sumatera Utara (USU), Medan (8/11). Mahasiwa yang hadir antara lain Fajar Darmawan Solin, Yolandari Lingga Bayu, Einil Sahmadan Siregar dan Rohaya.

Acara ini dibuka oleh Dr. Muryanto Amin, M.Si. Adapun yang menjadi narasumber dalam seminar nasional ini antara lain Dr. Rudy Pramono, Dr. Fritz, Henri Sitorus, M.Sc. Ph.D dan Drs. Yance, M.Si. dihadiri oleh peserta dosen dan mahasiswa USU, Unimed, Sosiologi Unimal Lhokseumawe dan LSM, organisasi masyarakat, ASN terkait SDA.

Adapun beberapa makalah yang dipresentasikan oleh Henri Sitorus, M.Sc. Ph.D berjudul membangun kepasitas masyarakat menuju Resiliensi transformatif dalam menghadapi bencana dan juga Dr Fritz Nababan dengan judul makalah Disaster Risk Management : Cross Cutting Issues.

Ketua Himpunan Mahasiswa Sosiologi Agama (Himasa) FIS UIN Sumut, Fajar Darmawan Solin mengatakan sangat senang dapat menghadiri acara seminar nasional tentang Sosiologi Kebencanaan.

“ Banyak sekali pengetahuan yang kami dapatkan tentang Sosiologi khususnya Sosiologi Kebencanaan” ujar Fajar.

Sementara itu, Ketua Program Studi Sosiologi, Dr. Harmona Daulay, M.Si mengucapkan terima kasih kepada undangan yang sudah hadir dalam kegiatan seminar nasional ini dan berjalan dengan lancar.

“In sha Allah memberikan output dan outcome bagi pengembangan Kajian Sosiologi Kebencanaan” katanya.