21 Desember 2020 10:38 wib

Pusat kajian agama, sosial dan gender Program Studi Sosiologi Agama Fakultas Ilmu Sosial UIN Sumatera Utara menggelar Webinar 01 dengan mengambil tema : Covid 19 dalam perspektif Sosiologi dengan menggunakan media zoom Meeting, pada hari Selasa 09 Juni 2020 pukul 10.00-12.30 WIB.

Webinar ini  menghadirkan narasumber yang ahli dalam bidangnya antara lain Dr. dr Benny Satria, M.Kes. M.H (Kes) yang merupakan tim ahli gugus tugas Covid 19 Propinsi Sumatera Utara Medan, Dr. Harmona Daulay, M.Si merupakan Kepala Program studi Sosiologi FISIP USU, dan Dr. Inayah Rohmaniyah, S.Ag, M.Hum, MA yang merupakan Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan kerja sama FUSI UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Acara ini dimoderatori oleh Muhammad Jailani, MA Dosen Prodi Sosiologi Agama FIS UIN Sumut Medan.

Kepala Program Studi Sosiologi Agama FIS UIN Sumut, Dr. Irwansyah mengatakan kegiatan ini merupakan program Webinar pertama yang dilaksanakan oleh Prodi Sosiologi Agama FIS UIN Sumut, Sebab dalam situasi Pandemi Covid 19 ini, memang dituntut untuk tetap berkreativitas dengan memanfaatkan teknologi namun esensi dalam keilmuannya juga berkualitas. Saat ini UIN Sumatera Utara sedang giat giatnya melakukan Trandisiplin keilmuan termasuk tema yang dibahas pada Webinar pertama ini berkenaan dengan Covid 19 dari bernbagai lintas disiplin ilmu.

" Saya ucapkan terima kasih, kepada narasumber, panitia dan peserta yang sudah hadir dari Aceh sampai Papua bahkan ada yang dari Malaysia dalam seminar ini, tentunya kita sangat berharap keilmuan yang didapatkan dari para narasumber berguna untuk aktivitas akademik dan kehidupan sehari hari, " Ujar Dr Irwansyah.

Adapun topik yang disampaikan oleh Dr. dr. Benny Satria, M.Kes, SH, M.Hkes, Tim Ahli Gugus Vovid-19 Provinsi Sumatera Utara, Medan, menyampaikan topik: "Kebijakan Pemerintah Sumatera Utara dan Implementasinya Untuk Merespon Covid-19 dan Social Acceptibility". Kemudian Dr. Harmona Daulay, M.Si., Ketua Program Studi Sosiologi Fisip USU, menyampaikan topik: "Perubahan Interaksi dan Pranata Sosial pada Masa Covid-19 dan Analisis Probabilitas Masa New Normal: Social Abandoned Public Pada Kebijakan Negara". dan terakhir Dr. Inayah Rohmaniyah, S.Ag. M.Hum., MA. menyampaikan topik: "Perubahan Prilaku Beragama Pada Masa Covid-19 dan Prediksi Perubahan Pada Masa New Normal".
 

Aacara ini diikuti oleh 400 peserta dari berbagai kampus dan latar belakang pekerjaan yang berbrda  yang berbeda dengan Host dosen Prodi Sosiologi Agama FIS UIN Sumut, Surya Adisaputra, M.Hum, Co Host, Purjatian Azhar, M.Hum, Ismail , M.Si dan Rholand Muary, M. Si.