09 Juli 2020 12:50 wib

Program studi Sosiologi Agama melaksanakan pembekalan PPL II 2020 secara daring yang diikuti oleh seluruh mahasiswa Sosiologi Agama semester VI Prodi Sosiologi Agama. Kegiatan ini dipandu oleh Kepala Laboratorium FIS UIN Sumut, Dra. Achiriah, M.Hum dengan narasumber Sekretaris Prodi Sosiologi Agama Faisal Riza, MA dan dosen Sosiologi Agama Muhammad Jailani, MA, Rabu 09 Juli 2020. 

Ketua Prodi Sosiologi Agama FIS UIN Sumut, Dr Irwansyah, M.Ag dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada pimpinan yang sudah mensupport pelaksanaan PPL II di tengah pademi ini, yang akan dilaksanakan pada tanggal 9-20 Juli 2020. sehingga ada penyesuaian dalam kegiatan dan pelaporannya.

Wakil Dekan I FIS UIN Sumut, Dr. Muhammad Dalimunte, M.Hum mengatakan PPL II saat pademi hanya berbeda medianya tidak seperti PPL sebelumnya karena sudah dibuat dalam panduan PPL II saat pandemi artinya ada penyesuaian. Dalam pelaksanaan PPL II ini diharapkan mengikuti prosedur protokol kesehatan Covid 19, selanjutnya jika nanti dalam hal pelaporan dalam bentuk video maka tidak boleh berbau SARA dan melanggaran UU ITE.

" Ikutin panduan agar PPL II berjalan dengan baik, " kata Dr. Muhammad Dalimunte, M. Hum

Faisal Riza mengatakan bahwa PPL II saat pandemi tidak memberatkan mahasiswa, sebab dalam teknis pelaporan dan juga studi lapangan menyesuaikan dengan situasi pandemi Covid 19. Maka dalam tema temanya juga tidak jauh dari lingkungan sekitar antara lain Sosiologi Keluarga, Sosiologi Pedesaan/Perkotaan, pemberdayaan masyarakat, Sosiologi Kelompok minoritas.

Muhamammad Jailani, MA mengatakan model PPL II dapat dilaksanakan di lapangan dengan protokol kesehatan dan mendokumentasikan melalui video 5-10 menit dengan skript dan konten yang baik dan jangan ada unsur SARA  dengan memverifikasi didiskusikan dengan dosen pembimbing lapangan. 

Selanjutnya mahasiswa Prodi Sosiologi Agama dan Prodi Sejarah Peradaban Islam secara simbolis dilepas oleh Dekan FIS UIN Sumut, Prof. Dr. H, Ahmad Qorib, MA