21 Desember 2020 10:37 wib

Pusat Kajian Sosial, Agama dan Gender Prodi Studi Sosiologi Agama FIS UIN SU bekerja sama dengan Aliansi Sumut Bersatu (ASB) melakukan webinar bedah buku yang ditulis oleh ketua program studi Sosiologi Agama FIS UIN SU yaitu Dr. Irwansyah, M.Ag yang berjudul “Sosiologi Muslim-Kristiani “studi tentang hubungan keduanya di Sumatera Utara”. Acara ini dipandu oleh Bapak Veryanto Sitohang (Komisioner Komnas Perempuan dan ditanggapi oleh Dr. Muhammad Qorib, MA (Dekan Fakultas Agama Islam UMSU), RP. Emanuel Sonny Wibisono, O.Carm (Pastor Campus Ministry UNIKA). Senin.  05 Oktober 2020

Acara ini dibuka oleh Direktur Aliansi Sumut Bersatu  (ASB) yaitu Fery Wira Padang. Diikuti kurang lebih 55 orang. Peserta yang mengikuti bedah buku ini ada dari UIN SU, UNIKA, Unimed, Baha’i, Ahmadiyah, tokoh-tokoh agama. Antusias peserta sangat terlihat ketika acara baru saja dimulai dengan melontarkan berbagai pertanyaan untuk para penanggap dan penulis buku. 

Buku ini merupakan dedikasi untuk istri  Dr. Irwansyah, M.Ag memperingati 1000 hari kepergian istri beliau. Buku ini bermula dari penelitian desertasi dan dengan memulai penelitian pada tahun 2010/2011 dengan di sidang kan terakhir pada tahun 2015. Dengan mengalami revisi kurang lebih 50% terutama data-data yang ada di lapangan. 

“Saran dari Bapak Dr. Muhammad Qorib, MA agar buku ini diterjemahkan ke bahasa lain agar bisa dibaca oleh masyarakat dunia karena buku ini sangat bagus dan menarik ketika ditarik ke hubungan sosial” ujar Dekan Fakultas Agama Islam UMSU.

Selain itu RP. Emanuel Sonny Wibisono, O.Carm (Pastor Campus Ministry UNIKA) sangat mengapresiasi atas terbitnya buku ini. Mulai dari ciri fisik buku ini maupun isinya. Buku Sosiologi Muslim Kristiani menurutnya sangat direkomendasikan untuk dibaca oleh para tokoh-tokoh agama, tokoh masyarakat, akademisi dan pemerintah sebagai rujukan membangun harmonisasi di tengah masyarakat. (Eva Indriani)