09 Oktober 2020 19:49 wib

Salah seorang mahasiswa program studi Sosiologi Agama UIN SU, Eva Indriani mengikuti acara Pelatihan Pengembangan Konten Facebook Untuk Advokasi Kebebasan Beragama yang diselenggarakan oleh The Asia Foundation dan bekerjasama dengan Facebook. Acara ini diselenggarakan pada tanggal 8, 9, 10 dan 17 September 2020 dengan menggunakan aplikasi Zoom. Acara ini diikuti beberapa organisasi diantaranya : Aliansi Sumut Bersatu (ASB) Medan, ISAIS (Pekanbaru), PUSAKA (Padang), CSRC (Jakarta), FAHMINA (Cirebon), PERCIK (Salatiga), PUSHAM UII (Yogyakarta), LAKPESDAM (Malang), LK 3 (Banjarmasin), SAKA (Pontianak), LAPAR (Makasar), LPA (Mataram), C-Save (Jakarta), Interfidei.

Acara ini diharapkan akan menghasilkan orang-orang yang dapat diandalkan dalam membuat konten-konten yang menarik tentang kebebasan beragama. Dengan diajarkan tools-tools yang tersedia di Facebook membuat peserta akan banyaknya fungsi Facebook yang disediakan selama ini. Bukan hanya tentang tools saja, tentang time penyebaran konten pun diajarkan dalam acara ini. Menentukan dan memahami apa kebutuhan audiens merupakan hal yang sangat ditekankan untuk membuat konten.

Eva Indriani mahasiswa program studi Sosiologi Agama UIN SU semester VI merupakan salah satu peserta dari acara ini. “Acara ini cukup bagus untuk banyak orang, apalagi untuk saya yang memang memiliki background pendidikan yang membahas tentang keberagaman juga. Bukan itu saja, saat ini kasus intoleransi sangat marak terjadi disekitar kita. Mudah-mudahan dengan adanya konten yang dibuat oleh peserta dapat menyadarkan banyak orang bahwasannya hidup dalam keberagaman itu adalah indah” ujar Eva. (EI)