Kompetensi Lulusan/Capaian Pembelajaran Program Studi Sosiologi Agama tidak terlepas dari mekanisme perumusan kurikulum yang mempertimbangkan hal- hal sebagai berikut:
Pertama, merujuk pada visi, misi, tujuan, dan sasaran Fakultas Ilmu Sosial UIN Sumatera Utara.
Kedua, melakukan analisis SWOT terhadap kurikulum Prodi.
Ketiga, melakukan analisis kebutuhan (tracer study) untuk mendapatkan informasi mengenai lulusan yang diharapkan oleh stakeholder.
Keempat, merumuskan profil lulusan yang dijadikan sebagai parameter untuk menentukan kompetensi yang harus dimiliki oleh mahasiswa.
Kelima, menyusun kompetensi lulusan/Capaian Pembelajaran Program Studi Sosiologi Agama yang dirumuskan dengan merujuk pada standar KKNI dan Profil Lulusan, yaitu 1) Kompetensi Umum (sikap);
2) kompetensi utama yaitu a) kemampuan di bidang kerja, b) lingkup kerja berdasarkan pengetahuan yang dikuasai, dan c) kemampuan manajerial; kompetensi Pendukung; dan Kompetensi Lainnya.

Berdasarkan mekanisme tersebut maka Prodi Sosiologi Agama dapat menjadi pusat pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat di bidang Sosiologi Agama yang menghasilkan lulusan berkompeten, berdaya saing, dan berkarakter berdasarkan nilai-nilai keislaman.